Rabu, 10 Desember 2014

Cara Menggunakan Multimeter Digital

Cara menggunakan multimeter digital




cara menggunakan multimeter digital


Cara menggunakan multimeter digital adalah pertama-tama jarum penunjuk mtr. di check apakah telah pas pada angka 0 pada taraf DCmA, DCV atau ACV posisi jarum 0 dibagian kiri (saksikan gambar 2 a), serta untuk taraf ohmmeter posisi jarum 0 dibagian kanan (saksikan gambar 2 b). Bila belum pas mesti ditata dengan memutar sekrup pengatur kedudukan jarum penunjuk mtr. ke kiri atau ke kanan dengan memakai obeng pipih (-) kecil.

Multimeter Digital

Tips Menggunakan Multimeter Digital

Cara menggunakan multimeter digital untuk Mengukur Resistansi Dengan Multimeter  Untuk mengukur resistansi satu resistor, posisi saklar pemilih multimeter ditata pada kedudukan W dengan batas ukur x 1. Test lead merah serta test lead hitam sama-sama dikaitkan dengan tangan kiri, lalu tangan kanan mengatur tombol pengatur kedudukan jarum pada posisi 0 pada taraf W. Bila jarum penunjuk mtr. tidak bisa ditata pada posisi 0, bermakna baterainya telah lemah serta mesti ditukar dengan baterai yang baru. tahap selanjutnya ke-2 ujung test lead dikaitkan pada ujung-ujung resistor yang bakal diukur resistansinya. Langkah membaca penunjukan jarum mtr. sedemikian rupa hingga mata kita tegak lurus dengan jarum mtr. serta tak tampak garis bayangan jarum meter. Agar kecermatan tinggi kedudukan jarum penunjuk mtr. ada di bagian tengah daerah tahanan. Bila jarum penunjuk mtr. ada di bagian kiri (mendekati maksimum), jadi batas ukurnya di ganti dengan memutar saklar pemilih pada posisi x 10. Setelah itu dikerjakan lagi penyusunan jarum penunjuk mtr. pada kedudukan 0, lalu dikerjakan lagi pengukuran pada resistor itu serta hasil pengukurannya yaitu penunjukan jarum mtr. dikalikan 10 W. Jika dengan batas ukur x 10 jarum penunjuk mtr. masih tetap ada dibagian kiri daerah tahanan, jadi batas ukurnya dirubah lagi jadi K W serta dikerjakan sistem yang sama dengan saat ganti batas ukur x 10. Pembacaan akhirnya pada taraf KW, yakni angka penunjukan jarum mtr. dikalikan dengan 1 K W.

Pengukuran diatas dapat juga menggunakan multimeter yang terekomendasi seperti multimeter Hioki.  Yang bisa anda dapatkan di Jual hioki Surabaya - Ralali.

Kesimpulan

Jika kita mempelajari dengan sering melakukan percobaan pengukuran maka dengan cara menggunakan multimeter digital ini akan sangat mudah dan mempercepat perhitungan hasil testing.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More